Home / Jurnalisme Warga / Bunutan, Wisata Bahari di Ujung Timur Bali

Bunutan, Wisata Bahari di Ujung Timur Bali

Desa Bunutan merupakan ikon pariwisata di Karangasem yang dulunya belum banyak dikenal orang. Dengan adanya media sosial, membuat Desa Bunutan sekarang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Postingan kegiatan yang mereka lakukan di Bunutan mayoritas adalah snorkeling dan memancing. Dua aktivitas wisata bahari ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang.  Selain snorkeling dan memancing, para wisatawan juga bisa melihat sunrise dan sunset.

sunset yang dilihat dari tengah laut

Sunset yang dilihat dari tengah laut

Nyoman Miki, seorang tour guide di Bunutan mengakui bahwa kedatangan wisatawan ke Bunutan sudah lebih baik dari sebelumnya. Menurut pemilik Pondok Informasi (Jasa Travel Daerah Bunutan) ini jumlah wisatawan yang datang lumayan meningkat. “Dengan meningkatnya jumlah wisatawan, sangat membantu perekonomian kami,” ujar pria yang kesehariannya menyewakan alat snorkeling ini.

pondok informasi ( jasa travel daerah bunutan) milik Nyoman Miki

Pondok Information (jasa travel daerah Bunutan) milik Nyoman Miki

Tidak hanya Nyoman  Miki, anak-anak yang masih duduk di bangku SD dan SMP pun mendapat manfaat dari sektor pariwisata. Mereka bekerja sebagai pedagang acung. Menjual miniatur jukung ala Bunutan.“Sangat bermanfaat bagi saya, dapat menghasilkan uang sambil belajar Bahasa Inggris,” ucap Nyoman Gunawan, siswa SMP yang berjualan miniatur jukung.

miniatur jukung yang dijual oleh anak-anak dibunutan

Miniatur jukung yang dijual oleh anak-anak di Bunutan

Hal serupa juga diungkapkan Nyoman Candak, nelayan di Bunutan. “Kedatangan wisatawan ke Bunutan sangat membantu kami, khususnya para nelayan setempat,” ungkapnya. Saat tidak sedang musim ikan, para nelayan menawarkan perahu untuk disewa wisatawan. Wisatawan menyewa perahu untuk mereka(wisatawan) yang ingin pergi snorkling, mancing, lihat sunrise ataupun sunset.

received_218633391977006

Ramainya wisatawan biasanya pada akhir pekan, Sabtu dan Minggu. Terutama pada bulan Juni sampai Agustus, dan bulan Desember sampai Januari. Wisatawan yang datang baik dari mancanegara maupun domestik.

aktivitas wisatawan mancing menggunakan perahu nelayan setempat

Wisatawan memancing menggunakan perahu nelayan setempat

Untuk mencapai Desa Bunutan tidaklah sulit. Bunutan berada di Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali. Tidak jauh dari Kota Amlapura, jarak tempuh berkisar 45 menit. Dari arah Denpasar menuju Taman Wisata Tirta Gangga. Kemudian menuju jalur Tulamben-Singaraja. Setibanya di simpang empat Pasar Desa Culik, ambil jalur kanan menuju Desa Bunutan.

FB_IMG_1496111366518

Tulisan oleh : Sudhi Junior (Pewarta Warga Bunutan)

Komentar

Komentar

x

Check Also

Pengelolaan Sampah di Desa Sengkidu

Sampah merupakan sisa hasil kegiatan manusia. Sampah di mana-mana menjadi masalah namun jika kita arif dan bijaksana sampah dapat menjadi berkah.  Di dunia, sampah menjadi masalah global  namun bagi negara maju sampah sudah dapat terkelola dengan baik. Hal ini dikarenakan negara maju sudah mapan dengan teknologi tinggi begitu juga kebijakan ...

Powered by Dragonballsuper Youtube Download animeshow