Home / Regency of Badung / (Indonesia) Student Gathering Youth Conservation Initiative 2019

(Indonesia) Student Gathering Youth Conservation Initiative 2019

Sorry, this entry is only available in Indonesian. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Hampir 100 siswa dan mahasiswa yang berasal dari sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas dan universitas yang ada di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung terlibat dalam kegiatan Student Gathering “Youth Conservation Initiative (YCI)”. Kegiatan ini dilaksanakan pada 2 Juli 2019 di Gedung Student Center Universitas Udayana. Air menjadi tema YCI tahun 2019 karena sumber daya air adalah sumber daya alam pokok yang sangat menunjang kehidupan manusia sehingga seharusnya mampu dikelola dengan baik. Pulau Bali yang dihuni oleh sebagian besar masyarakat yang menjadikan air sebagai sarana persembahyangan sekaligus simbol kehidupan, ternyata tengah menghadapi masalah besar terkait dengan pengelolaan sumber daya air.

Iwan Dewantama selaku Senior Manager Bali Sunda Banda Seascape Conservation International Indonesia hadir sebagai pembicara memaparkan tentang isu air di Bali dan hasil penelitian Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Bali Nusa Tenggara yang telah melakukan kajian daya dukung dan daya tampung Bali dari sisi ketersediaan sumber daya air yang menunjukkan 8 kab/kota sedang mengalami defisit air. Tentu hasil kajian ini sangat penting untuk diketahui publik secara luas agar mendapat perhatian semua pihak dan perlunya disiapkan kampanye dan edukasi untuk penyelamatan air Bali salah satunya melalui YCI Bali.

Para peserta Student Gathering juga berdiskusi secara partisipatif apa saja tindakan yang bisa mereka lakukan sebagai generasi muda untuk mewujudkan misi YCI yaitu menumbuhkan kesadaran dan melibatkan generasi muda dalam gerakan pelestarian alam Bali dan mendorong kreativitas dan meningkatkan kapasitas generasi muda dalam gerakan pelestarian alam Bali.

YCI kedepannya akan menjadi gerakan berkelanjutan yang bisa menyebarluaskan kesadaran dan solusi bagi masyarakat untuk kelestarian alam Bali melalui SASIH (Sahabat Konservasi Hebat). Kader SASIH merupakan siswa SMP, SMA hingga mahasiswa perguruan tinggi di Bali yang tertarik dalam isu lingkungan khususnya konservasi. YCI Bali akan berfokus pada pengembangan kreativitas dan kapasitas generasi muda yang mencakup kesadartahuan, kontribusi, koneksi, dan kompetensi generasi muda melalui SASIH. Kedepannya SASIH akan menjalankan gerakan berkelanjutan melalui kegiatan-kegiatan penyadaran lingkungan kepada masyarakat, khususnya generasi muda.

Selain kegiatan Student Gathering yang diadakan di dalam ruangan, kami juga akan mengajak para anak muda untuk merasakan langsung pengalaman terkait isu air dan konservasi Nyegara Gunung di Desa Dukuh, Karangasem, Bali pada 8-10 Juli 2019. Kegiatan ini sebagai bagian dari kegiatan Youth Conservation Initiative tahun 2019 yang dikemas dengan nama “Live in YCI”.

Komentar

Komentar

x

Check Also

(Indonesia) Mengintip Unik Desa Dukuh melalui Kisah Hidup Warga

Sorry, this entry is only available in Indonesian. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language. Sudah hampir setahun, akhirnya kami bersua kembali. Senin (8/7), saya kembali menapakkan kaki di desa, dengan hamparan ...

Powered by Dragonballsuper Youtube Download animeshow