Home / Cerita Lapangan / Festival Pesona Tulamben 2018

Festival Pesona Tulamben 2018

Festival Pesona Tulamben merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Karangasem melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem guna menunjukkan potensi pariwisata dan kekayaan alam yang dimiliki Kabupaten Karangasem. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari yang dimulai pada tanggal 27-29 Juli 2018. Di dalam kegiatan ini Conservation International (CI) Indonesia juga ikut berpartisipasi tidak hanya sebagai sponsor namun juga ikut meramaikan stand dengan memamerkan produk-produk asli Desa Dukuh Karangasem.

Di dalam Festival Pesona Tulamben ada beberapa rangakaian acara yang disajikan seperti parade budaya, hiburan tradisional maupun modern, kerja bakti, bersih-bersih pantai, pameran stand dan tentunya ada lomba yang diselenggarakan oleh CI Indonesia seperti lomba mewarnai dan merangkai kata. Yang dimana dalam lomba mewarnai akan diikuti oleh tingkat TK-SD dan lomba merangkai kata yang akan diikuti oleh siswa SMP. Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kreativitas anak-anak Kabupaten Karangasem mengenai alam sekitar dan juga membentuk kepercayaan diri sejak dini.

Selain itu juga CI Indonesia ikut berpartisipasi dalam pameran stand yang dimana CI Indonesia memamerkan produk-produk asli dari Desa Dukuh yang tentunya juga akan dijual secara umum. Dalam kegiatan ini juga pihak CI Indonesia mengajak warga Desa Dukuh untuk bersama-sama memamerkan sekaligus memasarkan produk dari Desa Dukuh. Seperti yang diketahui bahwa saat ini CI Indonesia melaksanakan program reforestasi dan pemberdayaan masyarakat bagi desa Dukuh. Desa Dukuh sendiri memiliki potensi alam yang luar biasa dimana Desa Dukuh memiliki kawasan yang ditumbuhi pohon lontar dan mete yang dimana kekayaan alam ini dijadikan masyarakat asli Desa Dukuh sebagai salah satu mata pencaharian sehari-hari.

Dengan berpartisipasinya CI Indonesia dalam memamerkan produk asli Desa Dukuh diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk memperkenalkan produk asli Desa Dukuh ke masyarakat luas termasuk masyarakat mancanegara dan tidak hanya menjual produk asli Desa Dukuh di daerahnya saja. Dan dari pameran stand ini, produk-produk dari Desa Dukuh mendapatkan respon yang luar biasa dimana banyak sekali warga lokal maupun warga asing yang membeli produk dari desa Dukuh.

Tidak hanya menjual produk asli Desa Dukuh, CI Indonesia juga menyediakan permainan-permainan seperti ular tangga, puzzle dan juga nonton bersama. Permainan ini dikemas dengan pengetahuan-pengetahuan seputar lingungkan sekitar, sehingga anak-anak yang tinggal di Karangasem tidak hanya bermain saja namun juga dapat belajar mengenai lingkungan alam sekitar.

Tulisan oleh : Widra Audina

Komentar

Komentar

x

Check Also

Perayaan Hari Lingkungan Hidup, Warga Karangasem Perkuat Ekosistem Hutan

KARANGASEM– Ratusan orang yang hadir dalam perayaan Hari Lingkungan Hidup dengan tema “Gunung dan Hutan adalah Kita” membuat suasana berbeda di Desa Dukuh, Karangasem, Bali pada 30 Juni 2018. Perayaan ini diisi serangkaian kegiatan yang bertujuan memperkuat pemahaman akan peran penting ekosistem hutan di Desa Dukuh bagi kehidupan masyarakat serta ...

Powered by Dragonballsuper Youtube Download animeshow