Home / Desa Sengkidu / Keindahan Pantai Segara Sengkidu

Keindahan Pantai Segara Sengkidu

Siapa yang tidak suka pantai? Pantai menyajikan indahnya ciptaan Tuhan. Hamparan laut luas nan biru, debur ombak, indahnya matahari terbit dan terbenam hingga difungsikan untuk ritual keagamaan di Bali.

Di daerah Sengkidu terdapat pantai yang disebut Pantai Segara. Akses menuju Pantai Segara bisa menggunakan mobil, sepeda motor atau jalan kaki. Jarak yang ditempuh dari Kota Karangasem menuju Pantai Segara kurang lebih 18 km dan menghabiskan waktu 1 jam perjalanan.

Pantai Segara ramai dikunjungi saat Rahinan Kajeng Kliwon, Rahinan Banyu Pinaruh, dan pada saat libur. Menurut I Wayan Sudarma, pedagang di Pantai Segara, pantai ini biasa dikunjungi oleh masyarakat umum. Dari desa tetangga yaitu Desa Selumbung, Pekarangan, Ngis, dan Manggis.

 

Jalan masuk di samping Kantor Perbekel Sengkidu menuju ke Pantai Segara

Jalan menuju Pantai Segara tidaklah begitu susah. Dari Kantor Perbekel Sengkidu terdapat pertigaan menuju ke selatan. Para pengunjung tinggal mengikuti jalan ini hingga bertemu pertinggan belok ke kiri. Di sebelah pura dan jalan terus hingga sampai di Pantai Segara.

Pantai Segara banyak dikunjungi karena nyaman, pemandangannya bagus dan indah dipandang. Kondisi Pantai Segara pasirnya putih bersih, lautannya biru, dan ada bendungan yang bisa menahan air laut pada saat gelombang besar. Di pesisir pantai juga terdapat warung-warung, jukung milik nelayan, hotel, villa, dan pepohonan yang rindang akan menyejukkan suasana pantai.

Pasir putih, deburan ombak dan birunya langit membuat keindahan Pantai Segara semakin lengkap

Hal yang perlu diperhatikan dari pantai tentu saja menjaga kebersihannya. Apalagi di pesisir Pantai Sengkidu di samping Villa Nusa Indah terdapat banyak tumpukan sampah milik hotel yang mengganggu kenyamanan mata memandang. Meskipun dari pihak hotel maupun desa sudah pernah membersihkannya namun tetap saja tumpukan sampah masih saja berdatangan entah dari sampah laut yang dibuang kesana atau dari pengunjung itu sendiri.

Oleh : Ni Putu Erawatiningsih (Pewarta Sengkidu)

Komentar

Komentar

x

Check Also

Kelompok Nelayan Candi Bahari

Di Desa Sengkidu terdapat kelompok nelayan yang bernama Candi Bahari. Kelompok ini dirintis pada tanggal 1 pebruari 2004. Kelompok ini dikelola oleh para nelayan yang ada di Desa Sengkidu. Menurut keterangan salah satu nelayan yang bernama I Nyoman Gunung, kelompok ini dulunya terdiri 30 orang, dan sampai saat ini masih ...

Powered by Dragonballsuper Youtube Download animeshow