Home / Bali / Kelas Jurnalisme Warga di Posko Pengungsian Nyuhtebel

Kelas Jurnalisme Warga di Posko Pengungsian Nyuhtebel

Sebagai rangkaian kegiatan Anugerah Jurnalisme Warga 2017, kelas jurnalisme warga diadakan di Posko Pengungsian Desa Nyuhtebel dan Bungaya, Karangasem. Kegiatan diadakan oleh Balebengong yang berkolaborasi dengan Nyegara Gunung dan media jaringan jurnalisme warga pada 22 Oktober lalu.

Tim Nyegara Gunung berkesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan kelas jurnalisme warga di Posko Pengungsian Nyuhtebel. Tepatnya di Banjar Karanganyar. Pesertanya adalah anak-anak pengungsi yang berasal dari Bukit Kepaon, Karangasem. Diawali dengan mendongeng oleh Devy dari Tatkala.co dan peserta memperkenalkan diri satu persatu.

Kelas Jurnalisme Warga dibagi menjadi 4 kegiatan yaitu menggambar, catat curhat, foto ponsel, dan reportase. Peserta dibagi menjadi 4 bagian menurut pilihan masing-masing. Kemudian didampingi oleh para fasilitator.

Antusiasme peserta untuk menulis sangat baik. Walaupun ceritanya sama, tapi cerita yang disampaikan sangat rinci. Untuk kelas foto ponsel, panitia dan beberapa relawan remaja di lokasi meminjamkan ponsel untuk kelas foto ponsel.

Metode penyampaian materi dalam kelas adalah pengenalan menulis dalam kelompok-kelompok kecil, peserta membuat karya dalam kelompok kecil dan dipandu fasilitator, terakhir adalah presentasi hasil dan penghargaan untuk peserta.

Usai membuat tulisan, menggambar serta mendokumentasi cerita di pengungsian melalui foto ponsel dan video reportase, karya peserta kemudian ditampilkan  serta menceritakan karya yang dibuat. Karya terbaik kemudian diberikan apresiasi.

Komentar

Komentar

x

Check Also

Kisah Kakek asal Biaslantang saat Letusan Gunung Agung Tahun 1963

“ Pada tahun 1963 saya berusia sekitar 6 atau 7 tahun. Waktu itu saya menjadi angkatan kedua di SD 1 Purwakerthi,” tutur I Made Badung, saksi sejarah saat Gunung Agung meletus tahun 1963. Sebelum meletus, para pengungsi sudah berdatangan dari Desa Datah dengan berjalan kaki, karena dulu akses transportasi belum secanggih ...

Powered by Dragonballsuper Youtube Download animeshow