Home / Cerita Warga / Kualitas Air Irigasi di Desa Bugbug

Kualitas Air Irigasi di Desa Bugbug

Air merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam kegiatan pertanian. Kualitas air irigasi sangat menentukan bagaimana perkembangan tanaman dan cepat atau lambatnya pertumbuhan tanaman.

Menurut I Nengah Dar, salah seorang petani di Desa Bugbug, dulu sebelum adanya industri dan kehidupan masyarakat masih sederhana atau masih tradisional, kualitas air disini sangat bagus. “Airnya dapat digunakan untuk mandi dan baik untuk pertumbuhan ikan serta biota air tawar lainnya. Tetapi, sekarang kualitas air sudah menurun,” ungkapnya.

Hal itu terjadi menurutnya karena banyak limbah baik dari industri maupun rumah tangga dibuang ke aliran air irigasi. Selain itu juga terdapat sampah-sampah yang dibuang sembarangan. Tentunya hal itu sangat berpengaruh pada petani ikan dan biota air tawar lainnya.

Menurutnya perlu adanya peraturan yang tegas tentang hal ini. Agar kualitas air meningkat dan para petani serta masyarakat lebih sejahtera.

Oleh : I Wayan Agus Juliawan (Pewarta Warga Bugbug)

Komentar

Komentar

x

Check Also

Sosialisasi Konservasi Perairan Terkendala Keluhan Pungli

KARANGASEM – Upaya pembentukan Kawasan Konservasi Perairan (KKP) Karangaem rupanya masih memenuhi sejumlah kendala. Ditengah upaya sosialisasi, jajaran Bendesa Adat yang notabena menjadi desa penyangga justru mengeluhkan masih maraknya pungli di sekitar Konservasi. Kali ini, sosialisasi dilakukan Dinas Kelautan dan Perikanan Bali bersama dengan LSM Kelautan CII mengundang Sembilan Desa ...

Powered by Dragonballsuper Youtube Download animeshow