Home / Cerita Lapangan / Kunker Komisi II DRRD Bali ke Calon KKP Karangasem

Kunker Komisi II DRRD Bali ke Calon KKP Karangasem

 

Komisi II DPRD Bali melakukan kunjungan kerja (kunker) ke calon KKP Karangasem  3-4 Februari 2017. Kunker ini terlaksana sebagai tindak lanjut audiensi tanggal 5 Januari 2017 oleh CI Indonesia dengan Komisi II di Ruang Pertemuan Kantor DPRD Bali.

Ketua Komisi II beserta 8 anggota Komisi II melakukan kunker ke calon KKP Karangasem untuk melihat secara langsung kondisi terkini di lapangan dan persoalan-persoalan yang dihadapi. Sehingga diharapkan akan ada solusi yang bisa diambil sesuai tupoksi DPRD.

Kunker didahului dengan pertemuan di Labuhan Amuk untuk mendengarkan langsung paparan kelompok pokmaswas serta diskusi. Saat forum diskusi, secara spontan 5 orang anggota Komisi II akan mengalokasikan bantuan sosial (bansos) ke pokmaswas sejumlah 550 juta rupiah. Hal ini dikarenakan Komisi yang membidangi Bidang Perekonomian dan Keuangan ini terkesan dengan upaya masyarakat lokal dalam menjaga sumber daya kelautan untuk masa depan. Sejak belasan tahun lalu, masyarakat lokal menjaga secara swadaya tanpa pernah mendapat bantuan dari pemerintah. Turut hadir menemani Komisi II dalam kunker ini yaitu Kepala Dinas Perikanan, Pjs Kadis Pariwisata Karangasem, Camat Manggis, Kepala Desa Antiga, Babimsa dan Babinkantibmas setempat.

 

candidasa diskusi

Diskusi dengan PHRI dan Gahawisri Karangasem di Candidasa

Diskusi selanjutnya dilakukan dengan anggota PHRI dan Gahawisri Karangasem di Asyana Resort Candidasa. Diskusi berjalan cukup seru karena ini merupakan kali pertama PHRI & Gahawisri Karangasem bertemu dengan DPRD Bali. Banyak keluhan disampaikan terkait bidang Komisi II yaitu Ekonomi, Pariwisata dan Kelautan.  Ketua Komisi II, I Ketut Suwandi merespon dengan baik dan menyatakan komitmennya untuk lebih proaktif terutama dalam sektor kelautan yang menjadi kewenangan baru DPRD Provinsi Bali.

Tidak hanya sampai di Candidasa, kunker dilanjutkan ke Kantor Desa Tulamben. Diskusi dengan aparat desa dan pelaku pariwisata di tingkat Desa Tulamben juga berlangsung seru. Banyak persoalan diungkap terutama terkait sempadan pantai dan pembangunan fasilitas penunjang pariwisata seperti shelter dan jalan/akses ke lokasi penyelaman di Tulamben.

Kunker yang dilakukan ke calon KKP Karangasem oleh Komisi II DPRD Bali akan menjadi jalan untuk mendorong dan mengawal sektor kelautan yang menjadi sektor strategis di Karangasem khususnya dan Bali pada umumnya. Komisi II juga cukup terkesan dengan program CI Indonesia termasuk cara bekerja di lapangan yang sangat baik berinteraksi dan bekerjasama dengan pihak-pihak terkait dari tingkat desa, kabupaten hingga provinsi. (ary)

 

 

Komentar

Komentar

x

Check Also

Pengolahan VCO di Desa Nyuhtebel

Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Kelapa Sari Makmur Desa Nyuhtebel, Ni Wayan Lateri menularkan penerapan teknologi tepat guna pengolahan minyak kelapa murni (virgin coconut oil) kepada anggota kelompoknya. Kegiatan diadakan pada 29 Desember 2016 di Balai Kelompok Banjar Karanganyar Desa Nyuhtebel. Ada 8 orang anggota mengikuti praktek pengolahan minyak VCO ...

Powered by Dragonballsuper Youtube Download animeshow