Home / Cerita Lapangan / Pelatihan Pewarta Warga di Bugbug Karangasem

Pelatihan Pewarta Warga di Bugbug Karangasem

Conservation International (CI) Indonesia bekerjasama dengan Kantor Desa Bugbug melaksanakan kegiatan Pelatihan Pewarta Warga di Desa Bugbug, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem.

Kegiatan dilaksanakan pada Senin, 6 November 2017 di Kantor Perbekel Desa Bugbug yang dibuka oleh Perbekel Bugbug, I Gede Suteja. Peserta pelatihan adalah perwakilan dari siswa SMA Jagadhita Amlapura dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Desa Bugbug dengan total peserta 12 orang.

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk melatih siswa-siswa ataupun warga yang ada di sekitar Desa Bugbug dalam membuat berita dan menggali lebih dalam peristiwa maupun kejadian yang ada di sekitaran Desa Bugbug. Selain itu Pewarta Warga Bugbug bisa mengelola informasi desa secara berkesinambungan melalui website desa dan nyegaragunung.net.

Pemaparan materi jurnalistik disampaikan oleh Ary Pratiwi dari CI Indonesia yang memperkenalkan tentang jurnalisme warga dan teknis penulisan berita. Setelah pemaparan materi, dilanjutkan dengan mencari berita di koran yang sudah di bagikan, kemudian peserta ditugaskan untuk mencari 5W+1H dalam berita yang dipilih. Selanjutnya peserta ditugaskan untuk berlatih menulis dengan topik peristiwa atau kejadian yang ada di sekitar Desa Bugbug.

Pelatihan pewarta warga ini menjadi bagian dari program SIDESI (Sistem Informasi Desa Konservasi) dan diharapkan desa penyangga KKP Karangasem salah satunya Desa Bugbug memiliki sistem informasi desa yang baik dalam menunjang proses perencanaan dan pembangunan desa agar selaras dengan pengelolaan KKP Karangasem.

Oleh : Ni Putu Eva Damayanti

 

Komentar

Komentar

x

Check Also

Ditinggal Ngungsi, Pantai Tulamben Jadi Sepi

Meningkatnya aktivitas Gunung Agung ke level awas berpengaruh pada tingkat kunjungan wisatawan ke Tulamben, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem yang dikenal dengan wisata baharinya seperti snorkeling dan diving. Sejak Gunung Agung ditetapkan berstatus awas pada 22 September 2017 yang lalu, aktivitas pariwisata Tulamben lumpuh total. Ribuan warga mengungsi ke beberapa daerah yang ...

Powered by Dragonballsuper Youtube Download animeshow