Home / Cerita Lapangan / Pemetaan Partisipatif Desa Tulamben

Pemetaan Partisipatif Desa Tulamben

Pemetaan Desa Tulamben langsung dilepas oleh Perbekel Tulamben I Nyoman Ardika pada Desember 2016 lalu.

Kegiatan ini diprakarsai oleh CI Indonesia dan bekerjasama dengan Desa Tulamben.

Dalam pengambilan data dan informasi di lapangan juga melibatkan partisipatif dari masyarakat desa setempat.

Lebih lanjut menurut Made Iwan Dewantama, Manajer Program Bali CI Indonesia menyebutkan bahwa pemetaan partisipatif adalah suatu cara yang digunakan untuk mengenali kembali kondisi ruang yang sebenarnya dari suatu wilayah dan mendokumentasikan potensi sumber dayanya. Sebab, dapat digunakan sebagai petunjuk untuk memagari wilayahnya dari ancaman pihak luar dan untuk kepentingan penyusunan kawasan  pertanian, letak pura dan pasilitas umum lainya yang bertujuan untuk kepentingan masyarakat sendiri“imbuhnya.

IMG_9214

Tujuan dari Pemetan ini adalah untuk mendokumentasikan sistem tata guna lahan  dan kepemilikan tanah untuk mendapat pengakuan dari pemerintah dan mendokumentasikan tempat-tempat sakral, perkuburan, desa yang telah ditinggalkan dan sejarah lokal untuk memperkuat identitas adat.

 

Tulisan oleh Made Selamat, Pewarta Warga Tulamben

Komentar

Komentar

x

Check Also

Pelatihan Pembuatan Kompos di Desa Dukuh

Kegiatan mengambil serat Gebang dan memproduksi Gembrang menghasilkan sampah sisa berupa jaringan-jaringan daun tanpa serat di Dusun Bahel, Desa Dukuh. Sampah sisa ini biasanya dimanfaatkan oleh warga sebagai pupuk kompos untuk menyuburkan tanah di sekitar pohon-pohon mete. Prosesnya hanya dibiarkan begitu saja, mengering dan membusuk tanpa perlakuan tambahan. Perlakuan tambahan ...

Powered by Dragonballsuper Youtube Download animeshow