Home / Berita Terkait / Perjalanan Asyik Mengangkat Potensi Lokal Karangasem Bali

Perjalanan Asyik Mengangkat Potensi Lokal Karangasem Bali

PEMANDU Lokal menjelaskan pembuatan gembrang yang menjadi rambut Barong (kanalbali/Dok CI)

KARANGASEM, kanalbali.com — Senyum lebar terus menghiasi wajah Nengah Sirig. pengrajin gula ental di Desa Dukuh, Karangasem itu tampak bersemangat melayani berbagai pertanyaan yang dilontarkan para tamunya.

“Semoga gula ental makin terkenal dan bisa dijual kemana-mana,” ujarnya mengenai gula yag diproses dari buah ental (lontar), buah asli dari desanya.

Anna Smeltink, peserta asal Belanda yang ikut dalam kunjungan itu mengungkapkan dirinya suka dengan rasa gula ental yang enak dan sangat terkesan dengan proses pembuatan produk lokal Dukuh – serat gebang yang menjadi bahan rambut barong.

Kegiatan yang diikuti oleh ratusan orang itu merupakan bagian dari perayaan Hari Lingkungan Hidup dengan tema “Gunung dan Hutan adalah Kita” pada pada 30 Juni 2018.
Perayaan ini diisi serangkaian kegiatan yang bertujuan memperkuat pemahaman akan peran penting ekosistem hutan di Desa Dukuh bagi kehidupan masyarakat serta kelestarian ekosistem terumbu karang di perairan Tulamben, salah satu situs penyelaman terkenal dunia (Kapal Karam USAT Liberty).
“Keterhubungan ekosistem gunung dan laut ini selaras dengan filosofi Bali ‘Nyegara Gunung’,” kata Made Iwan Dewantama, Program Manager CI Indonesia.
Untuk memperkenalkan potensi alam dan peran penting ekosistem ini bagi kehidupan, peserta diajak melakukan jelajah desa mengunjungi rumah para pengrajin lokal seperti pembuat gula ental, arak, tuak dan mete; edukasi hutan dan gunung kepada anak-anak.
Ada juga penyerahan usulan Hak Pengelolaan Hutan Desa Dukuh; kunjungan ke rumah warga untuk melihat pembuatan produk lokal oleh para pengrajin lokal, serta sosialisasi adaptasi dan mitigasi bencana oleh perwakilan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
Kegiatan ini merupakan inisiatif bersama oleh Conservation International (CI) Indonesia, Yayasan Pelestarian Alam dan Budaya (YPAB) Bali, BNPB dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).
Desa Dukuh yang terletak di hulu Tulamben dan dekat dengan Gunung Agung merupakan kawasan yang gersang di musim kemarau, sehingga mayoritas masyarakat harus membeli air untuk kehidupan sehari-hari.
Penduduk desa ini juga merupakan kelompok yang rentan dalam tantangan potensi bencana vulkanologi dari Gunung Agung maupun tantangan jangka panjang yang akan dibawa oleh dampak perubahan iklim.
PESERTA Jelajah mencoba membuat gebang (kanalbali/Dok CI)
Sekitar 15% penduduk masih tergolong kurang mampu. Oleh karena itu, program reforestasi dan pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan CI Indonesia dilandasi peran esensial alam Desa Dukuh (hutan dan gunung) serta aktivitas ekonomi dalam menjaga stabilitas ekologi kawasan.
Hasil analisis spasial yang dilakukan CI Indonesia, Lontar merupakan komoditas potensial untuk mensejahterakan masyarakat. Perkiraan jumlah pohon Lontar di Desa Dukuh sekitar 19.393 pohon.
Jika semua dipanen, maka akan menghasilkan hingga 100 ribu liter tuak per hari. Dari rata-rata 3 pohon lontar mampu menghasilkan 28 liter tuak yang bisa diolah menjadi 3 liter arak. Dengan harga arak Rp 20.000 per liter maka nilai ekonomi dari arak bisa mencapai Rp 388 juta per hari.
Drs. I Wayan Sutapa, M.Si, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat yang membawakan sambutan Bupati pada kegiatan ini menyampaikan apresiasi Pemerintah Kabupaten Karangasem atas terselenggaranya kegiatan ini.
“Semoga kegiatan ini dapat memberikan dampak yang besar dalam pembangunan di Karangasem dan masyarakat memiliki keterampilan sesuai potensi yang ada di Desa Dukuh,” ucapnya. (kanalbali/IST)
Sumber : kumparan.com

Komentar

Komentar

x

Check Also

Perayaan Hari Lingkungan Hidup, Warga Karangasem Perkuat Ekosistem Hutan

KARANGASEM– Ratusan orang yang hadir dalam perayaan Hari Lingkungan Hidup dengan tema “Gunung dan Hutan adalah Kita” membuat suasana berbeda di Desa Dukuh, Karangasem, Bali pada 30 Juni 2018. Perayaan ini diisi serangkaian kegiatan yang bertujuan memperkuat pemahaman akan peran penting ekosistem hutan di Desa Dukuh bagi kehidupan masyarakat serta ...

Powered by Dragonballsuper Youtube Download animeshow