Home / Program / Workshop Millenium Innovation Lab di Arlington

Workshop Millenium Innovation Lab di Arlington

Workshop Millenium Innovation Lab yang diselenggara­kan di Arlington, Amerika Serikat bertujuan untuk mem­bantu generasi “milenial” dalam menciptakan inovasi baru dalam bidang konservasi sumberdaya alam. Salah satu diantaranya adalah diusung oleh CI Indonesia dalam meningkatkan kualitas hidup mangrove melalui ide besar alat pengumpul sampah ”Mangrove-bin”.

CI Indonesia se­jak tahun 2012 menjalankan Program di Bali yang bekerja di wilayah Kabupaten Jembrana, khususnya di kawasan mangrove bersama komunitas dan pemerintah setempat yang memiliki misi sama yaitu untuk meningkatkan kuali­tas hidup mangrove. Mangrove-bin Maret lalu telah dipa­sang di Sungai Ijo Gading, dan selama beberapa bulan akan dipantau hasil sampah yang didapatkan, kemudian dipilah, sehingga dapat mengidentifikasi jenis-jenis lim­bah apa saja yang didapatkan dari Sungai tersebut.

Workshop ini juga memberikan kesempatan bagi inovasi-inovasi terpilih untuk melakukan presentasi. Diantaranya Mountain Tracking Information dari CI Brazil, Database Management System untuk pengolahan hasil survey ling­kungan di wilayah Fiji dan Afrika Selatan oleh CI Fiji dan CI Afrika Selatan.

Ke depannya inovasi-inovasi terbaru untuk meningkat­kan performa Mangrove-bin akan dilakukan dan rencana program dengan pemerintah “No Trash for Mangrove” di Sungai Ijo Gading.

Komentar

Komentar

x

Check Also

Mangrove-Bin, Bagaimana Tindak Lanjutnya?

Pemantauan limbah yang dilakukan di Sungai Ijo Gading kini memasuki tahap ketiga. April 2017 lalu telah dilakukan penandatanga­nan perjanjian kerjasama monitoring sampah dan pelepasan alat pengumpul sampah “Man­grove-Bin” di Sungai Ijo Gading. Kesepakatan tersebut telah ditandatangani oleh CI Indonesia, Balai Riset dan Observasi Laut – Kementerian Kelautan dan Perikanan (BROL-KKP), ...

Powered by Dragonballsuper Youtube Download animeshow